24 April 2011

Menggunakan Firefox 5, Firefox 4 Dan Firefox 3.6 Pada Ubuntu 10.10

Mozilla telah memperknalkan kembali generasi terbaru web browser Firefox. Meski masih dalam tahap Aurora (sebutan untuk versi alpha atau milestone), Mozilla Firefox 5.0 Aurora tergolong cukup stabil dan cepat, dengan update yang datang hampir setiap hari.

Mozilla Firefox 5.0 AuroraBila dibanding dengan versi stabil terbaru, Mozilla Firefok 4.0 yang dirilis beberapa waktu lalu, dari sisi tampilan Aurora belum memiliki perbedaan yang dapat dirasakan. Namun dari sisi kecepatan, penggunaan Aurora dapat Anda pertimbangkan.

Hal yang perlu disadari, Mozilla Firefox 5.0 Aurora masih dalam tahap pengembangan, sehingga terjadinya ketidak stabilan selama penggunaan tentu sangat mungkin terjadi.

Berbeda halnya dengan Firefox 4.0, sedikit ganjalan yang kami rasakan dan mungkin juga Anda rasakan adalah penggunaan memori yang lebih besar jika dibanding generasi pendahulunya, Mozilla Firefox 3.6. Pada sistem yang kami gunakan, Ubuntu 10.10, beberapa kali Firefox 4.0 terjadi crash sehingga memaksa browser untuk merestart. Jika terjadi hal demikian pada Anda, jangan sungkan-sungkan untuk mengirimkan laporan crash tersebut pada tim Mozilla agar dilakukan perbaikan pada rilis updatenya.

Menimbang besarnya memori yang diperlukan pada Firefox 4.0, kami memutuskan untuk tetap mempertahankan penggunaan Firefox 3.6. Namun demikian, Firefox 4.0 dan Firefox 5.0 Aurora tetap kami gunakan untuk keperluan pengujian perkembangan dan pelaporan bug jika ditemukan.

Normalnya, jika sudah tersedia versi baru maka pada repositori distro linux yang kita gunakan akan tersedia update untuk pembaruan sosftware. Begitu juga dengan Mozilla Firefox 3.6 yang kami gunakan pada Ubuntu 10.10. Untuk tetap menggunakan Firefox 3.6 kami memilih untuk tidak melakukan update, sebagai gantinya kami menggunakan Firefox 4.0 dan Aurora yang disediakan oleh Mozilla. Jika Anda berminat menggunakan ketiga versi Mozilla Firefox tersebut dalam sebuah sistem, misalnya Ubuntu 10.10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jangan lakukan update untuk Mozilla Firefox 3.6 yang sedang digunakan, download paket Firefox 4.0 dan autu Firefox 5.0 Aurora dari situs Mozilla.

Pertama - Klik ganda pada file paket Firefox 4.0 atau 5.0 Aurora (tar.bz2) yang telah Anda download agar dibuka oleh Archive Manager...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Kedua - Klik tombol Extract, ikuti saja semua instruksi agar folder Firefox diletakkan pada tempat yang sama dengan Anda meletakkan file download...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Ketiga - Cut atau copy paste folder Firefox hasil extract ke home direktori (atau ketempat lain yang Anda sukai)...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Keempat - Buka folder Firefox lalu klik ganda pada file "firefox"...

Mozilla Firefox 5.0 Aurora

Kelima - Pada jendela dialog "Do you want to run "Firefox"..." pilih tombol "Run" agar Firefox dijalankan.

Nah, kini Anda dapat menjalankan versi Mozilla Firefox yang diinginkan secara bergantian dengan menggunakan cara yang sama pada langkah keempat. Jika Anda enggan untuk selalu masuk ke folder Firefox, Anda dapat membuat shortcut untuk file firefox dan meletakkannya pada desktop.

Selamat mencoba...

Your comments:

Gunakan kode " :) :( ;) :p :d :xd :o :s :'( :x( :* :8) :a 3: " untuk menambahkan Emoticon pada komentar.

10 comments :

  1. keren juga nih informasinya, mantap sekali langsung saja ke tkp

    ReplyDelete
  2. salam kenal .
    nice share .
    keren nii .
    makasih yaa .

    ReplyDelete
  3. @JG: terima kasih.. :)

    @DS: salam kenal juga.. :)

    ReplyDelete
  4. Setuju sob, Firefox 4.0 kadang terjadi crash, gmn dgn Firefox 5.0 Aurora?blm pnah coba..

    ReplyDelete
  5. @Run-D: semoga pada rilis 4.0.1 akan ada perbaikan.. :)

    ReplyDelete
  6. iunformasinya keren banget nih gan , langsung saja meluncur ke tkp

    ReplyDelete
  7. pingin coba Mozilla aurora nya nih :-D

    ReplyDelete
  8. @Top Pulsa: silahkan kawan.. :)

    ReplyDelete
  9. yg saya malah firefox 6 =))

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meletakkan direct link pada isi komentar karena Blogger anti spam akan secara otomatis menandai sebagai spam dan menyembunyikannya.

Bantu kami meningkatkan kualitas blog ini dengan meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Terima kasih...